Notification

×

Iklan

Iklan

Sukseskan Tahapan Kampanye di Samosir, TNI-Polri Cooling System

Jumat, 18 Oktober 2024 | 20:05 WIB Last Updated 2024-10-18T13:05:03Z
Cooling System TNI-Polri | IST

Kabar Center 

Dalam rangka mensukseskan tahapan kampanye Pilkada Serentak 2024, Polres Samosir bersama TNI meningkatkan kegiatan Cooling System di berbagai wilayah Kabupaten Samosir.

Ps Kasi Humas Polres Samosir Brigpol Vandu P. Marpaung menyebut program itu bertujuan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan kampanye tatap muka yang diadakan oleh pasangan calon kepala daerah atau tim pemenangan, khususnya dalam mengantisipasi potensi konflik. 

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh personel Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas," ungkap Vandu.

Vandu menerangkan, pada Kamis, 17 Oktober 2024, sejumlah kegiatan Cooling System dilaksanakan di sejumlah lokasi, seperti di warung Lumbanraja, Desa Pallombuan, Kecamatan Palipi, Desa Turpuk Sihotang Kecamatan Harian serta di Warung Pak J Sitanggang Desa Lumbanpinggol serta di Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan. 

"Kegiatan juga dilaksanakan di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo," katanya.

Dilanjutkan, dalam kegiatan ini, personel kepolisian menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mendukung jalannya kampanye tatap muka yang dilakukan pasangan calon, tanpa menimbulkan perpecahan akibat perbedaan pilihan. 

"Kita bebas memilih calon kepala daerah yang kita dukung, namun perbedaan ini jangan sampai memecah belah kita," ujar salah satu petugas seperti disampaikan Vandu kepada wartawan.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya, terutama terkait para calon kepala daerah. Petugas menegaskan bahwa segala bentuk informasi negatif yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam pelaksanaan Pilkada serentak agar dilaporkan ke PKD, Panwascam, atau Bawaslu Kabupaten Samosir untuk ditindaklanjuti.

Dalam salah satu kesempatan Vandu melanjutkan, seorang warga bertanya kepada Bhabinkamtibmas mengenai langkah yang akan diambil kepolisian jika terdapat laporan pelanggaran Pilkada. 

"Menanggapi hal tersebut, AIPDA Lamtro Sagala menjelaskan bahwa pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan jika informasi yang diterima terkait pelanggaran Pilkada. Namun, jika informasi itu terkait dengan penyelenggaraan Pilkada, warga akan diarahkan ke Bawaslu yang akan menanganinya bersama Gakumdu, yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan," kata Vandu.

Dengan kegiatan Cooling System ini, diharapkan pelaksanaan kampanye Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Samosir berjalan aman dan kondusif, serta masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga stabilitas keamanan daerah.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini