Notification

×

Iklan

Iklan

Pelantikan Presiden Bakal Dihadiri 36 Kepala Negara

Jumat, 18 Oktober 2024 | 22:43 WIB Last Updated 2024-10-18T15:45:37Z
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto | net

Kabar Center

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meminta seluruh pasukan untuk mengantisipasi segala ancaman selama prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Dia mengatakan pengamanan pelantikan presiden bukan acara kenegaraan biasa, karena pada saat pelantikan Presiden RI bakal dihadiri 36 Kepala Negara.

"Saya tekankan kegiatan ini bukan acara kenegaraan biasa, melainkan seluruh operasi kedaulatan bangsa Indonesia," kata Jenderal TNI Agus Subiyanto saat menyampaikan amanatnya dalam apel pengamanan pelantikan Presiden di silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Dia mengatakan akan ada sejumlah kepala negara sahabat ikut dalam upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu (20/10). TNI menyiapkan pasukan pengamanan VVIP dalam acara pelantikan tersebut.

"Dalam kegiatan ini akan dihadiri 36 kepala negara atau kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat," ujarnya.

Selanjutnya dia meminta seluruh jajaran TNI agar terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan semua pihak yang terlibat dalam operasi ini. Upaya ini dilakukan untuk mewaspadai munculnya ancaman sebelum, selama, dan sesudah operasi pengamanan pelantikan presiden.

"Koordinasi dengan seluruh satuan dan instansi terkait demi terwujudnya sinkronisasi kegiatan ini," sambungnya.

Hari ini, TNI-Polri menggelar apel pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan di kawasan Monas, Jakarta. Apel dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pantauan wartawan di lokasi, Jumat (18/10), Jenderal Agus dan Jenderal Listyo tiba sekitar pukul 07.55 WIB. Apel tersebut diselenggarakan untuk rangka pengamanan VVIP dalam pelantikan presiden dan wakil presiden.

Panglima TNI dan Kapolri juga mengecek kesiapan pasukan TNI hingga kepolisian yang mengikuti apel tersebut. Operasi pengamanan ini akan dilakukan 3 hari mulai dari 17-23 Oktober dan akan diikuti 24.200 personel.

Diketahui, presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober 2024. Sidang pelantikan Prabowo-Gibran dilakukan oleh MPR RI di Gedung MPR/DPR, Senayan Jakarta.

Sidang dimulai dari pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sidang pelantikan dibuka oleh ketua MPR kemudian dilanjutkan pembacaan keputusan KPU mengenai hasil Pilpres kemudian dilanjut pengucapan janji presiden dan wakil presiden terpilih.(dtc)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini