Notification

×

Iklan

Iklan

Mees Hilgers, Masuk Skuad Timnas Putaran Ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 09 Oktober 2024 | 08:21 WIB Last Updated 2024-10-09T01:21:26Z
Mees Hilgers menjalani latihan di Bahrain Dok: pssi.org

Dalam upaya menaikkan level sepakbola Indonesia ke tingkat Asia, naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia menjadi salah satu solusi. Kali ini pelatih kepala Timnas Indonesia Senior Shin Tae-yong, menjadi pihak yang mengajukan rencana tersebut kepada PSSI. 

Saat ini masih ada beberapa nama yang sedang dalam proses naturalisasi. Naturalisasi pemain sepakbola untuk berkarier di Timnas Indonesia yang terbaru adalah Mees Hilgers. Mees Hilgers telah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pada Senin (30/9/2024) yang lalu di Brussel, Belgia sehingga telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Berikut ini akan diulas profil singkat dari Mees Hilgers yang sudah mendapat panggilan untuk bergabung dengan skuad Timnas Senior dan siap tampil di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Profil Singkat Mees Hilgers Mees Hilgers, yang memiliki nama lengkap Mees Victor Joseph Hilgers adalah seorang pemain sepakbola profesional Indonesia keturunan Belanda dilahirkan di Amersfoort, Belanda pada 13 Mei 2001. Ia bermain untuk klub FC Twente (Belanda) sebagai bek tengah untuk klub dan Timnas Indonesia. 

Karier junior sepakbolanya dimulai pada tahun 2005, di usia empat tahun Mees Hilgers sudah bergabung dengan klub Belanda ASC Nieuwland sampai dengan tahun 2009. Di tahun 2009 ia pindah dari ASC Nieuwland (Belanda) ke Youth Team Sparta Nijkerk (Belanda) sampai dengan tahun 2011. 

Di tahun 2011 ia pindah dari Young Team Sparta Nijkerk (Belanda) ke FC Twente Football Academy (Belanda) sampai dengan tahun 2020. Karier Senior setelah ditempa selama sembilan tahun di FC Twente Football Academy (Belanda), tahun 2020 di usia 19 tahun, Mees Hilgers memulai karier seniornya di Liga Belanda dengan bergabung di FC Twente (Belanda). 

Dan ia memulai debut karier seniornya di Eredivisie ketika klubnya mengalahkan AFC Ajax tahun 2020. Penampilannya yang gemilang adalah pada saat membela klub FC Twente (Belanda) dari tahun 2020 sampai sekarang. Sepanjang lima musim kompetisi yang dijalaninya, Mees Hilgers sebagai bek tengah tampil sebanyak 91 kali dan mencetak dua gol. Gol tersebut dicetak ke gawang Red Bull Salzburg pada leg kedua Kualifikasi Putaran ketiga UEFA Champions League. 

Pada tanggal 25 September yang lalu, Mees Hilgers tampil penuh saat timnya mengimbangi Manchester United di Old Trafford pada UEFA Europa League. Karier Internasional Mees Hilgers mengawali karier internasionalnya bersama tim Belanda U-21. Selanjutnya, pada tahun 2024 ini, ia menerima panggilan untuk bergabung dengan tim nasional sepak bola senior Indonesia menghadapi Bahrain dan China di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala dunia 2026. 

Sepanjang karier sepakbolanya, Mees Hilgers sempat membela klub Nieuwland (Belanda), Sparta Nijkerk (Belanda), FC Twente (Belanda), dan Timnas Belanda U21. Harga pasar Mees Hilgers yang sampai saat ini masih dikontrak FC Twente (Belanda) sampai dengan 30 Juni 2026 yang akan datang adalah 121,67 Milyar, menurut situs transfermarkt. 

Semoga dengan suntikan Mees Hilgers ini, dapat meningkatkan level permainan Timnas Indonesia Senior, sehingga mampu bersaing dengan baik di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.*** 

Oleh: Raiders Salomon Marpaung 
Penulis adalah mantan guru yang hobi membaca dan menulis.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini