Notification

×

Iklan

Iklan

KPU FGD Usulan Pertanyaan Materi Debat Publik Pilkada Samosir

Rabu, 16 Oktober 2024 | 14:24 WIB Last Updated 2024-10-16T07:31:34Z

KPU Samosir saat menggelar FGD

Kabar Center
 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir menggelar Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka menampung ide dan gagasan serta usulan pertanyaan terkait materi debat publik pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir tahun 2024, Rabu (16/10) di Hotel JTS Parbaba, Kec. Pangururan, Kab. Samosir.

Kegiatan ini melibatkan 4 tim panelis, dan dihadiri tokoh adat, tokoh pendidikan, kelompok sadar wisata serta organisasi KSPPM yang bertujuan untuk memperdalam materi-materi visi dan misi serta usulan pertanyaan terkait materi debat publik pasangan calon.

Ketua KPU Samosir, Vincentius Sitinjak, menjelaskan bahwa pertemuan ini difokuskan pada materi pendalaman ide dan gagasan serta usulan pasangan calon untuk persiapan debat publik mendatang.

“Pertemuan ini lebih kepada memperkaya informasi yang akan dibawa oleh tim panelis dalam debat nanti. Ini adalah kesempatan untuk berbagi informasi,” jelas Vincentius.

Dijelaskan, FGD ini juga menjadi wadah bagi tim panelis untuk menggali lebih dalam terkait materi yang akan disampaikan dalam debat, sehingga apa yang disampaikan nanti bisa lebih tepat sasaran. “tentu saja bertujuan agar materi yang dihasilkan lebih tajam dan relevan,” lanjut Vincentius.

Ketua Bawaslu Samosir, Robinson Simarmata menyampaikan telah melaksanakan pengawasan dalam pelaksanaan kampanye. Dari dinamika dilapangan dengan adanya debat publik, menjadi pencerahan kepada masyarakat.

“Harapan mari kita jadikan forum ini menjadi menyampaikan gagasan murni dari nurani masyarakat samosir. Tidak dengan keinginan tapi berfokus kepada kebutuhan dasar masyarakat samosir. Kita mencari pemimpin yang benar diinginkan masyarakat untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Salah satu Panelis, dr. Berlian Simarmata dalam keterangannya menyampaikan, salah satu alasan utama sehingga Komisi ll DPR RI setuju dibentuknya Kabupaten Samosir adalah sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang diharapkan adalah keindahan alamnya yang luar biasa.

“Anggota DPR RI Komisi ll tersebut memang sangat kagum melihat keindahan Samosir Danau Toba dari Tele disore hari, dan panitia daerah meminta kepada anggota DPR RI Komisi ll dengan mengatakan 'cocok kan menjadi kabupaten yang sangat indah',” kata Berlian.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini