Notification

×

Iklan

Iklan

Indonesia Tertahan di Posisi 5, Kalah Dari China di Matchday 4 Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 16 Oktober 2024 | 13:51 WIB Last Updated 2024-10-16T06:51:51Z
Thom Haye Mencetak Gol Balasan ke Gawang China Dok: afpforum.com

Timnas Indonesia untuk pertama kalinya menderita kekalahan di Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kekalahan tersebut terjadi pada matchday keempat di Grup C setelah kalah dari tuan rumah Timnas China lewat pertandingan yang dimainkan kemarin, Selasa (15/10/2024).

Hasil kekalahan melawan tim peringkat 91 dunia bagi Timnas Indonesia yang berada di posisi 129 peringkat FIFA belum mempengaruhi posisinya di klasemen sementara grup C. 

Posisi Timnas Indonesia saat menghadapi Timnas China adalah berada di posisi 5 klasemen sementara grup C dengan poin 3. Posisi tersebut diraih berkat tiga kali hasil imbang, 1-1 dengan Arab Saudi di matchday pertama, 0-0 dengan Australia di matchday kedua dan 2-2 dengan Bahrain di matchday ketiga. 

Sementara Timnas China berada di posisi juru kunci dampak tiga kali kekalahan, 0-7 dari Jepang di matchday pertama, 1-2 dari Arab Saudi di matchday kedua dan 1-3 dari Australia di matchday ketiga. Jalannya Pertandingan Babak Pertama Pertandingan dimulai pukul 19.00. 

Awal babak pertama, permainan masih berimbang, kedua kesebelasan saling serang. Babak pertama berjalan 21 menit, akhirnya barisan pertahanan Indonesia mampu dijebol oleh China. Gol untuk keunggulan China dicetak oleh penyerang Behram Abduweli setelah memanfaatkan umpan dari pemain belakang Jiang Shenglong. Kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan China. 

Pemain China semakin percaya diri diimbangi Indonesia yang berupaya menyamakan kedudukan dengan meningkatkan intensitas serangan. Menjelang berakhirnya babak pertama, terjadi petaka bagi Timnas Indonesia. Disaat Indonesia berupaya menyamakan kedudukan dengan serangan bergelombang, terjadi serangan balik dari China yang menghasilkan gol. 

Gol tambahan untuk China pun tercipta yang membuat kedudukan menjadi 2-0. Gol yang menggandakan keunggulan tersebut dicetak oleh penyerang Zhang Yuning. Gol tercipta pada menit ke 44 setelah menerima umpan dari pemain belakang Gao Zhunyi. 

Sampai peluit panjang tanda pertandingan babak pertama berakhir dibunyikan wasit Omar Al-Ali dari Uni Emirat Arab, skor tetap 2-0 untuk keunggulan China. Jalannya Pertandingan Babak Kedua Memasuki babak ke dua, dalam duel yang digelar di Stadion Pemuda Qingdao, China tersebut, tim Indonesia mulai melakukan pergantian pemain. 

Indonesia melakukan tiga pergantian pemain sekaligus, gelandang Witan Sulaeman digantikan oleh penyerang Marselino Ferdinan, pemain bertahan Shayne Pattynama digantikan oleh pemain bertahan Rizky Ridho, dan pemain bertahan Mees Hilgers digantikan oleh gelandang Thom Haye. 

Indonesia semakin mendominasi permainan dan terus menerus melakukan serangan, namun belum mampu merubah kedudukan. Indonesia terus berupaya mencetak gol balasan, dengan kembali melakukan dua kali pergantian pemain pada menit ke-85. 

Pemain bertahan Pratama Arhan masuk menggantikan Asnawi Mangkualam, dan penyerang Malik Risaldi masuk menggantikan gelandang Ivar Jenner. Hasilnya, satu menit kemudian Indonesia berhasil merubah kedudukan menjadi 1-2.

Gol tersebut dicetak oleh Thom Haye pada menit ke 86 yang berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang China akibat lemparan kedalam dari Pratama Arhan. 

Setelah kedudukan 2-1, Indonesia yang masih tertinggal, dalam upaya mencetak gol penyeimbang, kembali melancarkan serangan bergelombang. Akan tetapi upaya tersebut belum mendatangkan hasil. Sampai peluit panjang tanda pertandingan berakhir dibunyikan wasit, skor tidak berubah lagi. 

Tim Indonesia pun harus mengakui keunggulan China dengan skor akhir 1-2. Hasil pertandingan tersebut tidak merubah posisi klasemen kedua tim. Setelah pertandingan tersebut, secara head to head dari 18 pertemuan antara kedua tim, Indonesia semakin tertinggal dengan 12 kali kalah, 3 kali imbang, dan 3 kali menang. 

Bagi Indonesia, hasil ini sementara menempatkan Indonesia di posisi 5 Grup C Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan poin 3. Indonesia masih unggul selisih gol dari China yang berada di dasar klasemen walaupun sama-sama mengumpulkan poin 3.*** 

Oleh: Raiders Salomon Marpaung 
Penulis adalah mantan guru yang hobi membaca dan menulis.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini