Notification

×

Iklan

Iklan

Ir Sadar Sinaga Ikut Dalam Pilkada Humbahas 2024: Bukan Dadakan

Jumat, 06 September 2024 | 21:48 WIB Last Updated 2024-09-06T14:48:23Z

Kabar Center

Ikut majunya Ir. Sadar Sinaga dalam Pilkada Humbang Hasundutan (Humbahas) 2024 disikapi rasa-syukur oleh A. Hasugian, seorang perantau asal Siambaton Parmonangan Kecamatan Pakkat. Rasa syukur yang dinyatakan pengusaha yang menggeluti usaha developer ini, disampaikan pada saat akan mengikuti Misa Syukur HUT RI yang ke-79, di Kompleks Perumahan Citra Gading Kota Serang sebulan yang lalu.

“Saya sebagai bagian dari Papatar (Pakkat, Parlilitan & tarbintang-Red!), merasa senang dan mengucapkan syukur kepada Tuhan, karena diperkenankan seorang putra dari daerah kami ikut dalam Pilkada Humbahas tahun 2024 ini,” ujarnya dengan wajah sumringah. 

Maklum, sesuai kekerabatan keluarga Dalihan Natolu, Sadar Sinaga adalah merupakan ‘Anak Borunya’ dari istrinya yang boru Hasugian.

Menurut A. Hasugian yang mengaku leluhurnya berasal dari Sitinjo Parlilitan, bahwa ikutnya Sadar Sinaga menjadi peserta Pilkada Humbahas adalah soal menunggu waktu saja. Pendapatnya itu didasarkan dari kiprah dan perhatian Sadar kepada daerah asalnya.

“Boleh saya katakan, di setiap perhelatan yang berkaitan dengan Humbahas, khususnya daerah Papatar, Sadar Sinaga selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan,” lanjutnya.

Bukan Dadakan

Terhadap adanya pendapat bahwa majunya Sadar Sinaga di Pilkada Humbahas 2024 dengan maksud tertentu, dengan tegas A. Hasugian menepisnya. Karena menurutnya, Sadar Sinaga sejak tahun 2010 telah mencanangkan untuk ikut sebagai Parhobas Humbahas.

“Saya tahu persis, bahwa Bapak Sadar Sinaga bukan dalam Pilkada Humbahas tahun 2024 ini punya niat untuk ikut menjadi Parhobas. Keinginannya itu susah sejak tahun 2010 dia canangkan. Bila baru pada tahun 2024 hal itu terwujud, karena Tuhan baru merestui niatnya itu,” sanggahnya dengan tegas terhadap adanya suara tadi itu.

Dari cacatan awak media ini, adalah sebuah fakta bahwa menjelang Pilkada Humbahas Tahun 2010, beberapa mobil branding dengan tampilan gambar Sadar Sinaga, pernah terlihat berseliweran di Kawasan Humbahas terutama di Kawasan Papatar. Selain hal ini dibenarkan oleh A, Hasugian, juga dibenarkan oleh Romulus Berutu.

“Ya, saya adalah seorang saksi hidup mengenai keinginan Bapak Sadar Sinaga untuk ikut dalam Pilkada Humbahas tahun 2010. Tetapi mungkin Tuhan belum bertkenan, keinginan itu belum dapat terlaksana,” ujar Putra Papatar yang berasal dari Huta Godung Parlilitan ini, 

Romulus Berutu sendiri ikut memberi dukungannya terhadap majunya Sadar Sinaga sebagai Cawabup yang berpasangan dengan Irwan Sinaga sebagai Cabup. Tidak tanggung-tanggung, Romulus Berutu bersama seorang putranya Barata Berutu, secara kusus  menempuh perjalanan darat dengan mengendarai sebuah mobil dari Kawasan Citra Raya Tangerang menuju Humbahas. Tujuannya, itu tadi, demi suksesnya Sadar Sinaga dan Irwan Simamora mengikuti Pilkada Humbahas tahun 2024.

“Hobas jala Haposan. Horas, njuah-juah Irwan – Sadar. Marjillam," ujar Romulus Berutu di setiap pertemuannya dengan warga di sekitar Papatar. (PMS/Amon Sormin)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini