Notification

×

Iklan

Iklan

Sejumlah Partai Keluarkan Rekomendasi Cagub Sumut, Berikut Daftarnya

Kamis, 13 Juni 2024 | 08:39 WIB Last Updated 2024-06-13T01:40:34Z
Kolase foto | Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah (Ijeck), dan Bobby Nasution

Kabar Center

Medan - Sejumlah partai telah mengeluarkan rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) untuk maju di Pilkada 2024. 

Dilansir detikSumut, sampai saat ini partai-partai yang sudah mengeluarkan rekomendasi ataupun surat tugas yaitu Golkar, Hanura, dan PAN. 3 partai itu mengeluarkan rekomendasi kepada tiga nama yang sudah sejak lama digadang-gadang akan maju pada pemilihan Gubernur Sumut tahun 2024.

Tiga tokoh yang mendapatkan rekomendasi yaitu Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah (Ijeck), dan Bobby Nasution. Golkar mengeluarkan rekomendasi kepada Ijeck dan Bobby, Hanura memberikan kepada Edy dan Ijeck, dan PAN mengeluarkan rekomendasi kepada Bobby.

Kendati demikian, hingga kini belum ada kandidat yang memegang tiket untuk melesat maju berebut kursi gubernur. Golkar yang dapat mengusung sendiri kandidatnya saat kini masih melakukan survei, dan dari hasil survei ini nantinya akan memutuskan siapa yang akan diusung antara Ijeck atau Bobby.

Edy Rahmayadi merupakan kandidat petahana. Gubernur Sumut periode 2018-2023 ini memutuskan kembali maju untuk mengisi jabatan yang sama untuk periode 2024-2029.

Sebelum mendapatkan rekomendasi dari Hanura, Edy memang mendaftarkan diri ke banyak partai. Hingga kini ada delapan partai yang didatangi mantan Pangkostrad ini, yaitu PDIP, PKS, PKB, Demokrat, Nasdem, Perindo, dan PAN.

Selain Hanura yang kini mengeluarkan rekomendasi, PDIP sudah beberapa kali menyampaikan keinginan mereka untuk menjadi partai pengusung Edy di Pilgub Sumut 2024 ini. Dalam beberapa pernyataan yang dikeluarkan PDIP, Edy dinilai sosok yang layak dan memiliki elektabilitas yang tinggi untuk menghadapi Bobby Nasution yang dalam beberapa survei unggul ketimbang kandidat lainnya.

Ijeck yang merupakan Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023 sudah menyatakan ingin maju meraih kursi gubernur dalam forum Partai Golkar. Ketua DPD I Partai Golkar Sumut ini juga mendaftarkan diri maju Pilgub Sumut ke sejumlah partai.

Ijeck pun sudah mendapatkan surat tugas dari Golkar dan Hanura. Nama Ijeck juga disebut PDIP sebagai sosok yang layak bersaing menghadapi Bobby yang merupakan menantu dari Presiden Jokowi.

Terbaru, Bobby mendapatkan dukungan penuh dari PAN yang memiliki enam kursi DPRD hasil Pemilu 2024. Dukungan dari PAN ini belum cukup bagi Bobby, karena syarat minimal calon gubernur adalah dukungan dari partai dengan 20 kursi di DPRD.

Bobby bisa melesat maju asalkan Golkar memutuskan untuk mendukungnya. Namun dukungan dari Golkar itu masih terbelah antara dia dan Ijeck.

Selain PAN dan Golkar, Bobby juga digadang-gadang mendapatkan rekomendasi dari Partai Gerindra yang memiliki 13 kursi DPRD Sumut hasil Pemilu 2024. (dtc/kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini