Notification

×

Iklan

Iklan

Puting Beliung dan Longsor Landa Samosir, Polres Turunkan Personel

Senin, 17 Juni 2024 | 16:46 WIB Last Updated 2024-06-17T09:46:44Z
Pohon tumbang di Simandindo Kabupaten Samosir

Kabar Center

Peristiwa alam seperti angin puting beliung dan longsor melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Samosir. Peristiwa itu terjadi Minggu malam (16/06).

"Personel Polres Samosir melakukan pengecekan lokasi kejadian alam di sekitar Pelabuhan Fery Simanindo Desa Simanindo Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir," kata Ps Kasi Humas Polres Samosir Brigadir Vandu P. Marpaung, Senin (17/06).

Angin kencang lanjut Vandu menyebabkan kerusakan pada lantai dua gedung pelabuhan, khususnya di ruang kantin. Atap kaca di teras luar jatuh dan melukai empat pengunjung yang sedang bersantai di lokasi tersebut.

"Para korban, yaitu AS dari Desa Simanindo, PS dari Desa Cinta Dame, RT dari Desa Simanindo, dan AS dari Desa Cinta Dame mengalami luka-luka dan telah mendapatkan perawatan," katanya.

Vandu menambahkan, peristiwa lainnya, pohon tumbang terjadi Desa Tomok Induk Kecamatan Simanindo. pohon tumbang yang menutupi jalan kemudian dibersihkan personel Polsek Simanindo, bersama masyarakat dan perangkat desa sehingga lalu lintas lancar kembali.

"Kejadian ketiga adalah tanah longsor yang menutupi jalan lintas Desa Sosor Dolok menuju Menara Pandang Tele Kecamatan Harian. Longsor terjadi pada Minggu, 16 Juni 2024, sekitar pukul 18.00 WIB. Personel Polsek Harian memasang tanda bahaya di sekitar lokasi dan menghubungi Dinas PUTR Kabupaten Samosir untuk membersihkan material longsor dan pada Senin, 17 Juni 2024 sekitar pukul 11.00 WIB, alat berat telah membersihkan jalan, namun masih belum bisa dilalui kendaraan karena jalan yang licin akibat lumpur," terang Vandu.

Vandu bilang, dalam kurun waktu kurang dari dua hari (tanggal 16 dan 17 Juni 2024) Kabupaten Samosir mengalami tiga kejadian alam signifikan, yakni angin puting beliung di Pelabuhan Simanindo, pohon tumbang di Desa Tomok Induk dan tanah longsor di Desa Sosor Dolok menuju Menara Pandang Tele.

"Untuk korban kejadian angin puting beliung saat ini sudah berada di rumah masing-masing. Jalan di Desa Tomok sudah dapat dilalui, sementara jalan penghubung Desa Sosor Dolok menuju Menara Pandang Tele masih ditutup hingga dinyatakan aman," ujar BrigPol Vandu P Marpaung.

Pihaknya mengimbau masyarakat Kabupaten Samosir dan pengunjung untuk tetap berhati-hati mengingat cuaca yang tidak menentu dapat menimbulkan bahaya. 

"Tetap waspada dan patuhi arahan petugas demi keselamatan bersama," pungkasnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini