Notification

×

Iklan

Iklan

Memanas, Israel Bakal Serang Libanon

Kamis, 20 Juni 2024 | 12:40 WIB Last Updated 2024-06-20T05:40:32Z
Ilustrasi 

Kabar Center 

Jakarta - Ketegangan di perbatasan Israel dan Lebanon, semakin memanas usai Israel mengatakan mereka telah menyetujui rencana serangan ke Lebanon, sehingga memicu kekhawatiran akan meluasnya konflik di Gaza.

Kelompok Hizbullah sendiri mengingatkan bahwa tidak ada satupun tempat di Israel yang akan terhindar dari perang.

Dilaporkan kantor berita AFP, Kamis (20/6/2024), dalam pidato yang disiarkan televisi di tengah meningkatnya ketegangan di perbatasan Israel dan Lebanon, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan "tidak ada tempat" di Israel yang "akan terhindar dari serangan roket kami".

Nasrallah kemudian mengancam negara pulau terdekat, Siprus, jika negara itu membuka bandara atau pangkalannya untuk Israel "untuk menargetkan Lebanon".

Di Siprus terdapat dua pangkalan militer Inggris termasuk sebuah pangkalan udara, tetapi kedua pangkalan militer tersebut berada di wilayah kedaulatan Inggris dan tidak dikendalikan oleh pemerintah Siprus.

Presiden Siprus Nikos Christodoulides membantah keterlibatan negaranya dalam perang tersebut. Dia mengatakan bahwa negara tersebut adalah "bagian dari solusi", seraya menunjuk pada perannya dalam koridor kemanusiaan maritim ke Gaza yang "diakui oleh seluruh komunitas internasional".

Kekhawatiran bahwa Israel akan melancarkan perang besar-besaran di Lebanon telah meningkat. Militer Israel pada hari Selasa lalu mengumumkan bahwa "rencana operasional untuk serangan di Lebanon telah disetujui dan divalidasi".

Pada hari Rabu, Israel mengatakan pesawat-pesawat tempurnya telah menyerang tempat-tempat Hizbullah di Lebanon selatan. Israel juga melaporkan sebuah drone atau pesawat tak berawak telah menyusup di dekat kota perbatasan Metula dan menargetkan pasukan Israel, dalam serangan yang diklaim oleh Hizbullah.

Hizbullah, sementara itu, mengumumkan kematian empat petempurnya.

Media resmi Lebanon, National News Agency melaporkan serangan Israel di beberapa daerah di Lebanon selatan pada Rabu pagi waktu setempat, termasuk di desa perbatasan Khiam, di mana seorang fotografer AFP melihat kepulan asap besar.

Hizbullah juga mengatakan bahwa mereka telah menembakkan "puluhan roket Katyusha dan peluru artileri" ke arah barak di Kiryat Shmona di Israel utara sebagai pembalasan atas serangan tersebut.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini